Kronologi Mobil Alphard Via Vallen Dibakar Orang

VIVAnews – Mobil Toyota Alphard putih bernopol W 1 VV milik pedangdut Via Vallen diduga dibakar orang tak dikenal di rumahnya di Kalitengah Selatan, Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, pada Selasa dini hari, 30 Juni 2020.

Polisi sudah mengamankan terduga pembakar mobil tersebut, yaitu PI (41 tahun), ber-KTP Jalan Pabrik Tenun Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan/Kota Medan, Sumatera Utara.

Berdasarkan data dari Kepolisian Sektor setempat, peristiwa itu bermula ketika kru lighting memberitahukan adanya asap dan bau bensin di sekitar rumah Via sekira pukul 03.20 WIB. Kebetulan saat itu kru tengah mengangkut peralatan lighting setelah melakukan syuting klip di rumah pelantun lagu Sayang tersebut.

Saat dilihat di samping rumah Via, kobaran api menjalari kap bagian depan mobil Alphard milik Via. Segera setelah itu, orang-orang yang ada di sekitar memindahkan mobil lain yang terparkir di dekat mobil yang terbakar tersebut. Mobil pemadam kebakaran datang dan api berhasil diamankan.


Mobil Toyota Alphard Via Vallen dibakar orang tak dikenal.

Tak lama kemudian, terduga pelaku dengan diantar warga menyerahkan diri ke kantor Kepolisian Sektor Tanggulangin. Petugas dari Kepolisian Reso Kota Sidoarjo pun turun ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara.

Sebelumnya, Kepala Polresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji mengatakan, Pelaku bukan warga Tanggulangin. Saat ditanya, pelaku berlagak bego dan gila. Karena masih berbicara tidak jelas, penyelidik masih membiarkan dan menunggu pelaku tenang. "Setelah dia tenang nanti akan diperiksa," ujarnya.

Sumardji menambahkan, penyelidik juga mengamankan sejumlah barang bukti dari lokasi terbakarnya mobil Toyota Alphard milik Via Vallen di Kali Tengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoajo. Di antaranya barang bukti sebuah tas yang di dalamnya berisi sejumlah benda klenik, seperti jenglot.

"Kita mengamankan tas berisi buku (rekening) BCA, kayak jenglot-jenglot gitu, kayak perdukunan gitu lah isinya, termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong jadi sekian senti di dalam tasnya," kata Kepala Polresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji ditemui wartawan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur di Surabaya pada Selasa siang.

Selain tas yang berisi benda-benda semacam jimat, penyelidik juga mengamankan sebuah botol plastik yang masih tercium bau bahan bakar serta sebuah korek api. Diduga, dengan cairan bahan bakar itulah pelaku membakar mobil milik pedangdut bernama asli Maulidyah Oktavia itu.

Mobil Alphard putih milik pedangdut Via Vallen diduga dibakar orang tak dikenal yang terparkir di rumahnya di Tanggulangin, Sidoarjo, pada Selasa dini hari, 30 Juni 2020. Via mengunggah musibah itu di Instagram Story-nya sekira pukul 04.00 WIB.

Dalam akun Instagramnya, suara wanita diduga Via terdengar panik dan ketakutan saat melihat mobil Alphard-nya warna putih dilalap api. "Tolong pemadam kebakaran di daerah Sidoarjo, tolong cepat ke daerah Tanggulangin. Tadi udah ditelepon, tapi enggak ke sini-ke sini. Itu ada kebakaran di samping rumah," suara dalam video Instagram Via Vallen.

Sekira pukul 05.00 WIB, api berhasil dipadamkan dan tidak merambah ke bangunan sekitar. Sayang, hampir seluruh bodi mobil Via sudah terbakar. "Ini tadi katanya ada yang baka. Awas, yang bakar aku laporin polisi," tulis Via di akun Instagramnya.