Corona Menempel di Pakaian Anda?

By Ilustrasi: Pixabay

ORLANDO – Angka penyebaran SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 masih terus mengkhawatirkan. Dan dengan adanya new normal, maka segala sendi kehidupan yang sebelumnya lumpuh, mulai kembali berjalan.

Namun ketakutan akan terpapar SARS-CoV-2, masih saja menghantui orang di seluruh dunia. Bahkan, pada sebagian orang, baju, sepatu dan apapun yang kita pakai di luar, dianggap memiliki potensi sebagai sumber virus yang kita bawa pulang ke rumah usai beraktifitas.

Namun menurut pakar penyakit dalam dari Orlando, Dr. Vincenst Hsu, ketakutan yang demikian tidak seharunya perlu terjadi.

“Apa yang kita tahu saat ini adalah, hampir mustahil bagi Anda untuk tertular COVID-19, lewat pakaian dan sepatu yang Anda kenakan,” kata Dr. Hsu seperti dikutip Healthline.

Menurut dokter yang juga spesialis penyakit menular itu meyakini jika, “sepatu dan pakaian bukan sumber penyebaran (dari COVID-19)”.

Dia menjelaskan, jika pada beberapa permukaan benda, sebut saja seperti plastik, virus yang ditemukan pertamakali di Wuhan, China itu, mampu bertahan antara dua hingga tiga hari, namun pada permukaan pakaian, virus yang berbentuk seperti mahkota jika dilihat lewat mikroskop itu, tidak mampu menyongkong dirinya sendiri untuk bertahan hidup.(ruf/fin)