Helikopter Bantuan Kemanusiaan PBB Diserang di Nigeria, 2 Tewas

PBB menyatakan, dua warga sipil, termasuk anak berusia 5 tahun tewas dan helikopter bantuan rusak dalam serangan jihadis di Nigeria timur laut. Serangan dilancarkan di Kota Damasak pada Kamis kemarin.

Melansir AFP , Minggu (5/7/2020), Koordinator Kemanusiaan PBB di Nigeria, Edward Kallon mengatakan korban tewas dan luka berada di darat saat serangan terjadi.

"Sebuah helikopter layanan udara kemanusiaan PBB terkena peluru serangan tersebut. Tidak ada pekerja bantuan yang berada di sana saat itu dan anggota kru semuanya selamat, kata Kallon.

Dalam video yang dilihat AFP disebutkan, helikopter ditembak saat mendekati Damasak. Pilot-pilot berhasil terbang kembali ke Ibu Kota regional Maiduguri, sejauh 150 km.

Memo itu menyatakan, PBB menangguhkan penerbangan pengganti selama satu minggu "untuk melibatkan mitra pemerintah melakukan penilaian risiko baru."

Diketahui, helikopter yang terkena peluru itu mengangut personel kemanusiaan serta membawa bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan di Nigeria bagian timur laut.

(erh)

Loading...