6 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Bayern Munchen Menjuarai DFB Pokal

BolaSkor.com - Bayern Munchen kian menegaskan statusnya sebagai klub tersukses Jerman. Die Roten baru saja meraih gelar DFB Pokal musim 2019-2020.

Kepastian itu diperoleh setelah Munchen menaklukkan Bayer Leverkusen dengan skor 4-2 pada laga final di Olympiastadion, Minggu (5/7) dini hari wib. Ini merupakan gelar DFB Pokal ke-20 sepanjang sejarah mereka.

Empat gol kemenangan Munchen dicetak oleh David Alaba (16'), Serge Gnabry (24'), dan Robert Lewandowski (59' dan 89'). Sementara Leverkusen hanya mampu membalas dua kali lewat Sven Bender (63'), Kai Havertz (90').


Torehan tersebut melanjutkan tren positif Munchen pada masa pandemi. Mereka menyapu bersih sebelas laga dengan kemenangan.

Hal ini juga menjadi pembuktian seorang Hansi Flick. Keraguan publik akan kualitasnya untuk menangani tim sebesar Munchen kini sudah tak terdengar.

"Kami bangga meninggalkan stadion setelah melakukannya. Apa yang telah dicapai tim dalam beberapa minggu terakhir ini sensasional," kata Hansi Flick dilansir dari situs resmi Bundesliga.

'

"Sikap para pemain sangat fantastis. Saya sangat, sangat senang dengan cara tim ini yang tampil luar biasa."

Sejumlah fakta menarik juga mengiringi keberhasilan Munchen menjuarai DFB Pokal. Semuanya terangkum di bawah ini:

1. Hansi Flick menjadi orang Jerman pertama yang mengawinkan dua trofi domestik (Bundesliga & DFB-Pokal) sebagai pemain dan manajer. Sebelumnya, hanya Niko Kovac yang mampu melakukan hal tersebut.

2. Bayern Munchen sudah 13 kali mengawinkan gelar Bundesliga dan DFB Pokal dalam satu musim. Mereka berpeluang meraih treble keduanya andai mampu menjuarai Liga Champions.

3. Bayern Munchen meraih kemenangan yang ke-17 secara beruntun di semua kompetisi saat menaklukkan Bayer Leverkusen pada laga final DFB Pokal 2019-2020. Mereka mematahkan rekor Leverkusen yang meraih 16 kemenangan beruntun pada 1978 silam.

4. Laga kontra Leverkusen merupakan penampilan kedelapan Thomas Muller di partai final DFB Pokal. Itu merupakan rekor terbanyak seorang pemain tampil di laga puncak turnamen ini menyamai torehan Franck Ribery.

5. Robert Lewandowski mampu menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Bundesliga (34 gol) dan DFB Pokal (lima gol). Ia juga masih memimpin daftar top skorer Liga Champions musim ini dengan koleksi 11 gol.

6. Dua gol ke gawang Leverkusen juga menggenapi koleksi gol Lewandowski di laga final DFB Pokal menjadi enam buah. Belum ada pemain lain yang mampu melebihi torehan bomber berkebangsaan Polandia tersebut.