Jokowi: Tatanan Hidup Baru Bukan Mengekang, Tapi untuk Kesehatan Bersama

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo terus mengimbau masyarakat untuk beradaptasi dengan tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Dia menegaskan, tatanan hidup baru bukan mengekang, tapi untuk menjaga kesehatan bersama.

"Tatanan hidup baru ini bukan untuk mengekang, tapi untuk kesehatan kita bersama," ujarnya melalui akun media sosial yang dikutip merdeka.com, Minggu (5/7).

Pernyataan Jokowi ini disampaikan bersamaan dengan video tentang kebiasaan-kebiasaan baru. Kebiasaan baru yang hendaknya dipatuhi dan dijadikan protokol kesehatan oleh masyarakat.

Dalam video tersebut ditekankan bahwa tatanan hidup baru bukan berarti kembali ke kondisi normal seperti dulu. Melainkan masyarakat memulai aktivitas normal dengan protokol kesehatan yang ketat.

Protokol kesehatan yang dimaksud di antaranya, usahakan tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak. Jika harus keluar rumah, selalu gunakan masker.

"Pakai masker dengan benar dan hindari menyentuh masker terlalu sering," demikian pesan dalam video yang diunggah Kepala Negara.

Selanjutnya, saat di tempat umum, masyarakat harus menerapkan pembatasan sosial. Jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain.

Sering mencuci tangan, terutama saat akan masuk ke dalam ruangan. Kemudian hindari penggunaan alat makan bersama saat di luar rumah. Usahakan bawa alat makan sendiri.

Protokol berikutnya, gunakan peralatan pribadi jika akan beribadah di tempat ibadah umum.

"Efisien menggunakan waktu di luar rumah. Segera selesaikan urusan dan pulang setelah urusan selesai."

Terakhir, hormati dan patuhi para tenaga kesehatan dan gugus tugas. Saling mengingatkan orang lain dalam penerapan protokol kesehatan dan menghargai jika diingatkan orang lain. [ded]