Mana yang Lebih Bernutrisi: Susu Sapi atau Susu Kedelai?

GenPI.co - Susu kedelai sering digunakan sebagai alternatif dari susu sapi. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kandungan nutrisi kedua minuman ini bisa dibilang cukup setara.

Guna memilih mana yang lebih unggul, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Susu sapi lebih unggul dalam kandungan protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral.

Susu sapi cocok untuk anak dalam masa tumbuh kembang dan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi orang dewasa.

Namun, susu sapi mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Orang yang alergi protein susu sapi atau mempunyai intoleransi laktosa juga tidak dapat mengonsumsinya.

Anda perlu lebih cermat memilih jenis susu sapi atau menggantinya dengan susu alternatif.

Susu kedelai mengandung lebih sedikit kalori dan proteinnya cukup tinggi untuk ukuran produk nabati.

Banyak produk susu kedelai kini diperkaya dengan vitamin A, B, D, serta mineral. Minuman ini pun tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Selain itu, susu kedelai juga kaya akan antioksidan, fitoestrogen, serta senyawa sejenis yang hanya terkandung dalam produk nabati.

Senyawa-senyawa dalam susu kedelai tersebut mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, memelihara kesehatan tulang dan otak, hingga membantu mengurangi risiko kanker.

Setelah menilik perbandingan antara susu sapi dan susu kedelai, ternyata keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama-sama baik. Pilihlah jenis susu yang sesuai dengan kebutuhan keseharian Anda. ( Hellosehat )

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?