Ini Cara Aman Olahraga di Gym Selama Pandemi Covid-19

GenPI.co - Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi covid-19 adalah dengan berolahraga. Bahkan, tak sedikit yang memilih berolahraga di tempat gym.

Meski demikian, tempat gym disebut-sebut sebagai salah satu tempat yang rawan penulaan virus corona. Terlebih lagi, beberapa tempat fitness ditutup sementara selama masa pandemi.

Lalu, apakah berolahraga di tempat gym selama pandemi covid-19 aman?

Spesialis kedokteran olahraga, dr Andika Raspati menjelaskan, tempat gym atau arena olahraga di ruang tertutup lainnya memang memiliki risiko penularan Covid-19 yang lebih tinggi.

Salah satu penyebabnya adalah penggunaan alat fitness yang digunakan secara bergantian.

"Salah satu yang berbahaya di gym itu kan pemakaian alat secara bergantian. Di situ bisa jadi sarang penularan covid-19," kata dr Dhika kepada GenPI.co, Selasa (23/6).

Maka dari itu, dr Dhika menyarankan protokol pencegahan covid-19 yang ketat untuk diterapkan di sejumlah tempat gym. Dengan demikian, masyarakat bisa berolahraga dengan aman dan terhindar dari risiko penularan covid-19.

"Protokolernya harus lebih ketat, seperti jaga jarak antar mesin atau alat-alatnya, disinfeksi, serta dibuat kebijakan pembatasan kapasitas orang yang berolahraga di dalam tempat fitness," papar dr Dhika.

Selain itu, dr Dhika juga mengingatkan tentang penggunaan masker di tempat gym. Menurutnya, penggunaan masker hanya disarankan untuk orang yang melakukan latihan yang ringan saja.

"Untuk latihan yang berat di tempat gym sebaiknya hindari pemakaian masker. Tapi kalau latihannya yang ringan, boleh pakai masker karena nggak terlalu engap-engapan," ujarnya.

Bagaimana, sudah mengertikan cara yang aman berolahraga di tempat gym?(*)

Tonton Video viral berikut: