Pemerintah Imbau Pemudik Hindari Balik di Akhir Pekan

By Ilustrasi mudik - - Foto: dok Antara

Jakarta: Kementerian Perhubungan mengimbau para pemudik untuk menghindari perjalanan pulang pada hari terakhir libur panjang Iduladha. Sebab, lonjakan kendaraan diprediksi akan terjadi di akhir pekan, baik menuju maupun dari arah Jakarta.

"Dalam kondisi seperti ini untuk menghindari kemacetan di hari Minggu. Saya mengimbau masyarakat yang bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk kembali lebih cepat agar menghindari kemacetan di hari Minggu," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dikutip dari Antara , Sabtu, 1 Agustus 2020.

Para pemudik juga diminta mengatur rencana perjalanannya dan menyesuaikan waktu untuk kembali ke Jakarta. Hal tersebut demi meminimalisasi kepadatan agar tidak bersamaan dengan arus balik kota asal.

Ia menambahkan bagi para pengemudi truk sumbu 3 ke atas dapat menghindari penggunaan tol Trans-Jawa mulai dari ruas Semarang hingga Jakarta. Ruas tol tersebut akan diprioritaskan untuk kendaraan pribadi.

“Untuk truk, kami mohon untuk sementara menghindari lewat jalan tol, mungkin dapat memilih untuk menggunakan jalan arteri sebagai opsi rute perjalanan,” pungkas dia

Adapun kepadatan tersebut dilaporkan mulai meningkat sejak Senin 27 Juli 2020. Tercatat kenaikan jumlah kendaraan sebesar 0,3 persen atau 123.764 kendaraan. Kemudian pada 28 Juli ada kenaikan 7,4 persen atau 132.494 dan 18 persen atau 145.596 kendaraan pada 29 Juli, yang keluar dari sejumlah jalan tol di Jakarta.